Znajdź
×

Zarejestruj się

Użyj swojego profilu na Facebook, żeby szybciej się zarejestrować

albo

Załóż konto na Schvoong wpisując dane

Jesteś zarejestrowany? Zaloguj się!
×

Zaloguj się

Zaloguj się używając konta na Facebook

albo

Nie jesteś zarejestrowany? Zarejestruj się!
×

Zarejestruj się

Użyj swojego profilu na Facebook, żeby szybciej się zarejestrować

albo

Zaloguj się

Zaloguj się używając konta na Facebook

Bersahabat dengan Kamus

własnych doświadczeń Streszczenie   według:Mardiana_Kappara    
ª
 
Kategori: Tips Menulis Fiksi



Berbicara mengenai Pilihan kata atau diksi, maka suatu hal yang perlu pula mendapat perhatian kita adalah kamus. Kamus sebagai sumber diksi."

(Gorys Keraf, Diksi dan Gaya Bahasa, 2000)


Untuk memperkaya kosakata, kamus merupakan tempat bertanya yang paling afdol. Kamus merupakan gudang kata-kata dan makna. Sebagai seorang penulis, Anda tidak boleh mengabaikan kata, makna, dan cara penulisannya yang tepat. Kualitas tulisan pun akan terasa meningkat apabila perbendaharaan kata maupun diksi menjadi lebih banyak dan beragam. Rima dalam tulisan akan terasa lebih berwarna dan berirama. Apalgi Anda seorang penulis prosa lirik (prosa puitik), yang mengandalkan unsur keindahan dalam permainan diksi ketika menuturkan cerita.


Belajar melalui kamus, maka Anda akan semakin ahli meletakkan kata dan memposisikannya dalam kalimat. Sehingga maksud yang ingin Anda tujukan sampai secara tepat kepada pembaca. Seperti kata “melihat” dibandingkan dengan turunan katanya “melirik, mendelik, memandang, mengintip, dan lain sebagainya,” terasa menghidupkan kalimat dengan penempatan yang tepat. “Parjo melihat dari balik lubang kunci kamar tidurnya” terasa sangat umum dan kabur. Tetapi setelah menggunakan kata turunan, pembaca langsung mampu merasakan, melihat, membayangkan, dan menduga kegiatan subjek, “Parjo mengintip dari balik lubang kunci kamar tidurnya.”


Penulis yang baik tidak sungkan-sungkan untuk membuka kamus ketika menemukan kata yang tidak dia mengerti makna dan cara penulisannya. Oleh sebab itu, kamus dalam berbagai bahasa, terutama Bahasa Indonesia (kalau Anda orang Indonesia) patut ada di rak buku Anda apabila Anda ingin menjadi seorang penulis.


Semoga bermanfaat!
Opublikowano dnia: 28 stycznia, 2012   
Proszę oceń : 1 2 3 4 5
Tłumacz Wyślij Odnośnik Drukuj
X

.